Cara Screenshot Samsung J2, J5, J7, A50s, A30s, S8 Lengkap

cara screenshot samsung

Ponselive.com – Cara Screenshot Samsung – Capture atau screenshot merupakan salah satu cara untuk mengambil gambar yang ditampilkan pada layar smartphone, hal ini sama seperti fitur print screen pada sebuah perangkat computer bedanya adalah capture dilakukan dalam perangkat yang lebih kecil. Pengcapturan merupakan salah satu cara yang digunakan untuk mengambil gambar dokumen yang umumnya tidak bisa diunduh secara normal, terkadang hal tersebut memang berlaku pada beberapa dokumen yang bersifat penting atau memang sebenarnya bukan untuk diunduh.

Semua perangkat smartphone selalu memiliki fitur capture gambar layar, biasanya cara pengcapturan untuk masing-masing merk juga berbeda. Pada umunya pengcapturan bisa dilakukan dengan menggunakan bantuan tombol, proses capture bisa dikatakan berhasil jika terdengar suara seperti jepretan kamera yang tersimpan dalam bentuk gambar atau foto.

Dibawah ini merupakan berbagai cara screenshot hp Samsung dengan beberapa cara yang mudah dilakukan.

cara screenshot samsung
cara screenshot samsung

Cara Screenshot Samsung

Menggunakan bantuan tombol fisik

Bantuan tombol fisik merupakan cara yang pada umumnya semua smartphone bisa melakukan fitur tersebut, tidak terkecuali pada merk smartphone Samsung. Adapun caranya adalah dengan menekan selama beberapa detik tombol home atau tombol volume smartphone dan tombol power. Hasilnya akan langsung bisa ditampilkan dilayar smartphone, setelah terdengar suara yang mirip jepretan kamera. Dari tampilan capture tersebut bisa langsung dilihat hasil capturannya, apabila mungkin dirasa hasil capturan kurang memuaskan maka bisa diulangi proses seperti diatas.

Menggunakan fitur swap

Fitur swap merupakan salah satu cara yang hanya ada pada beberapa tipe smartphone Samsung, dari hal yang kita ketahui fitur swap merupakan salah satu cara untuk mengcapture tanpa menggunakan bantuan tombol fisik. Jika pada beberapa smartphone lain cara ini biasanya ditandai dengan icon capture berlambang gunting pada layar, menyentuh tombol itu berarti mengambil capture dari layar smartphonenya.

Fitur swap dari Samsung ini hanya ada pada beberapa tipe saja, berbagai tipe itu kebanyakan adalah smartphone Samsung yang dirilis pada tahun 2013 atau diatasnya. Kamu bisa mengecek fitur swap ini di smartphone Samsung milikmu, sudah atau belumnya dilengkapi fitur swap ini. fitur swap ini bisa dicek pada menu setelan advanced features atau motions and gesture, cari dan centang fitur palm swipe tersebut. Tutup setelan menu dan mulailah untuk menggunakan fitur tersebut.

Cobalah untuk mengusap layar smartphone Samsungmu dari layar sebelah kiri menuju ke kanan, jika terdengar suara jepretan kamera maka dapat dipastikan bahwa proses pengcapturan dokumen atau foto tersebut berhasil. Cobalah beberapa kali untuk memudahkan kamu atau membiasakan diri untuk menggunakan fitur swap ini agar hasil capturanmu bisa maksimal.

Menggunakan fitur pen

Penggunaan fitur pen sebagai alat untuk mengcapture ini hanya ada pada beberapa merk Samsung saja, seperti tipe Samsung seri Note dan beberapa tablet seri A. Untuk menggunakan fitur ini kamu bisa mengaktifkannya melalui menu Air command, menu yang hanya bisa didapatkan pada tipe Note atau smartphone dengan S pen saja. Fitur menu ini juga secara otomatis akan muncul jika S pen dikeluarkan atau bisa diaktifkan juga dengan cara menekan tombol fisik yang ada di S pen saja.

Pilih icon screen write untuk mulai mengambil foto yang dicapture, hal lain yang dapat dilakukan dengan fitur ini adalah bisa ditambahkan beberapa catatan atau coretan-coretan pada foto yang telah dicapture. Proses pengcapturan bisa dilanjutkan dengan dua pilihan, yaitu membagikan atau menyimpannya.

Demikianlah beberapa cara untuk melakukan capture dokumen dan foto pada smartphone Samsung tanpa menggunakan bantuan aplikasi tambahan, selamat mencoba.

About the author: Al Fatih

Editor sekaligus author yang berkontribusi pada www.ponselive.com dan memiliki hoby mencari ilmu pengetahuan teknologi.

Related Posts

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *